Tuesday 13 October 2009

Jurnal Skripsi

Jurnal Skripsi 1
Theme: security networking
Simulasi Pertahanan dari Serangan DDoS menggunakan Virtual OS(Defense Simulation from DDoS Attack using Virtual OS)
Pendahuluan
Latar belakang
Tag: pentingnya kemanan jaringan komputer dalam perusahaan di Indonesia

Pada era globalisasi yang semakin panas dunia semakin terasa dekat karena pemanfaatan teknologi informasi yang semakin baik. pada tahun 70-an manusia masih menggunakan surat dan kantor pos untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jauh jaraknya, itu pun membutuhkan waktu lama untuk menyampaikan surat tersebut. Saat ini kita dapat berkomunikasi dengan manusia di belahan dunia yang lain melalui internet, kita juga dapat mengirim data/file kedalam suatu database sehingga semua orang bisa melihat atau mendapatkan file itu dari internet, bahkan kita juga dapat melihat informasi berita yang real-time melalui teknologi jaringan internet ini. Teknologi informasi ini juga diimplementasikan di berbagai bidang seperti industry, transportasi, telekomunikasi, dan lain sebagainya. Hampir semua bidang memanfaatkan teknologi informasi ini, tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk meningkatkan kinerja manusia yang terbatas. Akan tetapi belum semua masyarakat dunia bisa merasakan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi ini.

Sebagian orang tidak dapat menggunakan teknologi informasi dan komputer dengan baik karena keterbatasan pengetahuan mereka terhadap dunia IT. Hal tersebut medorong para pakar IT (information technology) untuk membuat applikasi yang mudah digunakan oleh semua orang. User interface, icon dan pointing device merupakan beberapa cara untuk membuat suaatu applikasi mudah digunakan. Tetapi kemudahan dalam menggunakan teknologi tersebut membuat orang awam tidak mengerti sistem yang digunakan, sehingga orang-orang yang mempunyai I’tikad buruk dapat memanfaatkan celah ini untuk melakukan kejahatan.

Suatu ciptaan manusia hakikatnya tidak ada yang sempurna, ciptaan tersebut pasti memiliki keuntungan dan kerugian. Tidak terkecuali teknologi komputer yang sampai saat ini sangat membantu mempermudah kehidupan manusia. Dengan semakin mudahnya orang menggunakan internet, semakin banyak orang yang menggantungkan pekerjaannya pada teknologi ini. Akan tetapi ada sebagian orang memanfaatkan internet ini sebagai media untuk melakukan tindak kejahatan. Sebagai contoh: Terkadang kita tidak menyadari ada seseorang yang dapat masuk jaringan kita dan dia mencuri data atau informasi yang kita miliki. Dalam dunia internet sekarang ini hal tersebut sangat mungkin terjadi. Efek yang timbul dari kejahatan tersebut ternyata sangat merugikan bagi orang yang menjadi korban. Mulai dari perusakan, pencurian, penipuan bahkan penghancuran. Maka dari itu keamanan jaringan komputer [internet] menjadi hal yang haarus diperhatikan kepada para pengguna jaringan tersebut.

Saat ini pertumbuhan pengguna internet semakin banyak seiring berjalannya waktu. Tercatat pada tahun 2000 pengguna internet di asia mencapai 114.000.000 dan sekarang pengguna internet di asia naik hingga 3,808,070,503 [1]. Pertumbuhan yang terjadi dari data tersebut memperlihatkan bahwasanya pengguna internet meningkat begitu pesat. Begitu juga tingkat kejahatan yang terjadi di dunia maya ini. Tercatat penetrasi yang terjadi di asia pada tahun 2009 mencapai 18,5 % [2].

No comments:

Post a Comment

no flaming
no sara
no hacking
no kiling
no women no cry
wkwkwkwk